Beranda | Artikel
Kekhalifahan dan Kejayaan Islam - Hadits 1552-1556 - Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah
Senin, 2 April 2018

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Yahya Badrusalam

Kekhalifahan dan Kejayaan Islam – Hadits 1552-1556 merupakan kajian Islam yang disampaikan oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. dalam pembahasan Kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah karya Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani rahimahullah. Kajian hadits ini disampaikan pada 15 Rajab 1439 H / 01 April 2018 M.

Kajian Islam Tentang Kekhalifahan dan Kejayaan Islam – Hadits 1552-1556 – Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah

Hadits 1552

أما بعد يا معشر قريش! فإنكم أهلُ هذا لأمر ما لم تعصوا الله، فإذا عصيتموه بعث إليكم من يلحاكم كما يلحى هذالقضيب لقضيب في يده

Wahai sekalian Quraisy! Sesungguhnya kalianlah pemegang urusan ini (kekhilafahan) selama kalian tidak memaksiati Allah. Maka jika kalian memaksiati Allah, Allah akan mengirimkan kepada kalian orang-orang yang akan menguliti kalian sebagaimana batang kayu ini dikuliti.“.

Hadits merupakan mukjizat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Karena kekhilafahan terus dipegang oleh orang-orang Quraish dalam bebarapa generasi. Tapi kemudian setelah mereka meninggalkan kitabullah, meninggalkan syariat Allah dan terjadi banyak penyimpangan, karena mereka banyak berbuat maksiat mengikuti hawa nafsu, maka Allah pun kuasakan orang-orang selain kaum muslimin yang menguasai Islam.

Hal ini menunjukkan kewajiban kaum muslimin jika ingin kembali jaya, hendaknya kita semua kembali kepada Allah, kembali kepada agama Allah, kembali kepada syariat Allah subhanahu wa ta’ala. Selama kaum muslimin tidak mau kembali kepada syariat Allah, selama itu pula kaum muslimin akan dikuasai oleh musuh mereka.

Faidah Hadits:

Pertama, hendaknya kekhilafahan hendaknya dari Quraisy. Tentu hal ini jika dia memenuhi syarat. Yaitu apabila dia adil, shalih, bijak. Maka jika ada orang Quraisy yang seperti demikian hendaknya dia didahulukan. Tapi kalau dikalangan Quraisy tidak ada yang shalih, maka diganti yang lainnya.

Kedua, bahwa kejayaan kaum muslimin tergantung kepada berpegangnya mereka kepada syariat Allah. Semakin mereka berpegang kepada syariat Allah, maka semakin Allah berikan kejayaan. Tapi semakin mereka meninggalkan syariat Allah, Allah akan semakin menghinakan mereka.

Ketiga, bahwa sunnah hukumnya memulai khutbah dan ceramah dengan tasyahud. Tentu hal ini diawali dengan puji-pujian kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

Simak penjelasan lengkap dan download mp3 ceramah agama tentang Kekhalifahan dan Kejayaan Islam – Hadits 1552-1556 – Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/30564-kekhalifahan-dan-kejayaan-islam-hadits-1552-1556-silsilah-al-ahadits-ash-shahihah/